Minggu, 14 Januari 2018

Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Liburan di Maluku Utara yang Paling Cocok Anda Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Liburan di Maluku Utara yang Paling Cocok Anda Kunjungi


Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Liburan di Maluku Utara yang Paling Cocok Anda Kunjungi - Maluku Utara merupakan sebuah provinsi hasil pemekaran dari Maluku. Ketika awal terbentuk provinsi Maluku Utara yang berasal dari upaya pemekaran wilayah Maluku, ibu kota Maluku Utara berada di Ternate akan tetapi kemudian di tahun 2010 ibu kota Maluku Utara dipindah menjadi berada di Sofifi.

Sebagai sebuah provinsi yang berasal dari hasil pemekaran memang menjadi hal yang wajar jika latar belakang budaya dan kuliner antara Maluku dan Maluku Utara tidak jauh berbeda. Akan tetapi soal potensi wisata yang ada didalamnya, tentu memiliki ciri khas masing – masing yang menjadikannya berbeda antara Maluku Utara dan Maluku itu sendiri. Jika Anda datang berwisata di Maluku Utara, ada beberapa tempat wisata di Maluku Utara yang harus Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata budaya dan sejarah semua dapat Anda temukan di wilayah Maluku Utara ini.

Tempat Wisata di Maluku Utara yang Pas Untuk Liburan


Wisata Pantai Sulamadaha


Objek wisata Pantai Sulamadaha merupakan sebuah tempat wisata pantai yang sangat terkenal di Maluku Utara khususnya di Kota Ternate. Objek wisata yang satu ini lokasinya berada tepat di Desa Sulamadaha, Ternate yang merupakan sebuah wisata pantai dengan pasir putih dan air laut yang benar – benar jernih seperti kaca. Bahkan saking jernihnya air laut di wisata pantai yang satu ini, setiap pengunjung dapat menyaksikan pesona terumbu karang bawah laut yang sangat menawan dengan hanya menggunakan mata telanjang. Wisata pantai yang satu ini juga ramai dengan kunjungan wisatawan di akhir pekan dan di waktu liburan. Selain itu wisatawan juga senang dalam melakukan berbagai aktivitas selam seperti halnya diving dan snorkeling di pantai yang jaraknya kurang lebih sekitar 14 km dari pusat kota Ternate

Wisata Pulau Morotai


Objek wisata Pulau Morotai merupakan sebuah tempat wisata yang sangat unik dan pas untuk berlibur karena permukaan pulaunya yang cukup merata. Objek wisata pulau yang sangat kecil ini juga memiliki sejarah yang sangat panjang ketika dijadikan sebagai markas perang bagi Jepang di Perang Dunia 2. Sampai kemudian pulau ini berhasil direbut oleh tentara sekutu dan menjadikan wisata Pulau Morotai sebagai basis perang. Hal ini juga sangat wajar karena saat ini perairan laut di sekitar Pulau Morotai banyak menyimpan harta karun perang yang kini juga turut menjadi sebuah objek wisata bagi para penyelam. Tak akan pernah bisa Anda hitung berapa kendaraan dan juga kapal perang yang tenggelam di perairan ini. Akan tetapi semua itu menyisakan pesona bangkai yang demikian indah.

Wisata Pulau Morotai memiliki luas sekitar 1800 km persegi. Pulau Morotai sendiri juga menjadi sebuah pulau yang banyak menyimpan pesona. Anda akan temukan pesona bawah laut yang indah bersama kepulauan dan pesona sejarah yang benar – benar kuat.

Destinasi wisata terindah wisata Pulau Morotai ini secara langsung kawasan wisatanya berbatasan dengan Samudera Pasifik yang ada di sebelah utara, berbatasan dengan Laut Halmahera di sebelah timur, berbatasan dengan Selat Morotai di sebelah selatan dan Laut Sulawesi di sebelah barat. Pulau ini memiliki beberapa kawasan pantai yang tampak indah dengan pemandangan yang sangat memukau. Pulau Morotai juga memiliki beberapa tempat selam yang sangat menarik dan sanggup untuk membuat tamu berdecak kagum karenanya. 

Wisata Pulau Halmahera


Tempat wisata di Maluku Utara selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat liburan adalah Pulau Halmahera. Luas dari Pulau Halmahera hanya sekitar 17.780 meter persegi. Bentuknya sekilas memang mirip dengan Pulau Sulawesi yang memiliki empat semenanjung. Akan tetapi keduanya berbeda. Jika Anda datang berkunjung menuju Pulau Halmahera Anda akan temukan budaya masyarakat yang sangat unik. Budaya masyarakat yang tinggal di Pulau Halmahera penduduknya merupakan campuran dari bangsa Portugis, Gujarat, Arab, Malaysia dan juga Belanda. Di Pulau Halmahera juga terdapat beberapa desa tradisional yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.
 

Wisata Benteng Oranye


Seperti namanya, wisata Benteng Oranye merupakan sebuah tempat wisata yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda di tahun 1607. Pada waktu itu, Benteng Oranye dijadikan sebagai sebuah markas besar VOC sebelum dipindahkan ke Jakarta di tahun 1619. Benteng Oranye pada awalnya digunakan sebagai kediaman gubernur Belanda yang menduduki kawasan Ternate. Akan tetapi kemudian setelah Belanda hengkang, markas Benteng Oranye dijadikan sebagai markas tentara dan polisi di Indonesia. Akan tetapi walau demikian, Benteng Oranye masih diperbolehkan untuk diakses masyarakat indonesia yang ingin menyaksikan keindahan dan kemegahan dari Benteng Oranye. Benteng ini letaknya berada di pusat kota Ternate dengan kondisi fisik bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Wisata Goa Sagea


Ada banyak tempat wisata di Maluku Utara yang merupakan goa. Untuk Anda yang datang berwisata ke Goa Sagea Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 5 km dari kecamatan Weda di Halmahera Tengah. Wisata Goa Sagea terbilang sebagai goa yang unik karena memang memiliki pemandangan yang indah dan sangat unik. Anda akan temukan mulut goa yang besarnya mencapai 20 meter dengan panjang kurang lebih sekitar 30 km. Hal ini turut menjadikan Goa Sagea sebagai tempat wisata terbaik yang ada di Maluku Utara.

Jika Anda berada di kawasan Maluku Utara, selain menjelajah alamnya untuk berwisata jangan lupa untuk mencicipi sajian kulinernya. Beberapa wisata kuliner di Maluku Utara yang direkomendasikan untuk Anda cicipi diantaranya : 

Sambal colo – colo khas Maluku


Salah satu wisata kuliner khas Maluku yang sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi adalah Sambal colo – colo khas Maluku. Kuliner Sambal colo – colo khas Maluku merupakan sebuah kuliner pelengkap yang tentunya akan dapat menambah nafsu makan Anda. Sambal ini terbuat dari bahan berupa cabai rawit, tomat muda, bawang merah beserta dengan perasan jeruk nipis yang akan menggugah selera makan Anda. Konsumsi bareng nasi putih hangat dan kerupuk sangat cocok tentunya. 

Sayur lilin


Jangan Anda berpikir makanan yang satu ini benar – benar terbuat dari bahan dasar lilin. Tidak demikian tentu saja. Kuliner sayur lilin merupakan suatu masakan khas dari Maluku Utara yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Tanaman ini sangat mudah untuk Anda jumpai dan tumbuh dengan sangat subur di daerah Halmahera dan memang dibudidayakan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar. Mengenai proses pembuatannya sendiri, pertama sayur ini dipotong agak panjang kemudian diberi dengan bumbu santan sebagai kuah dasarnya. Cita rasa yang sangat lezat dan yummy akan Anda temukan.

Gohu ikan khas Maluku Utara


Jika sebelumnya sashimi identik dengan makanan khas Korea, nyatanya orang Ternate juga punya sajian sashimi yang berbeda. Sajian sashimi dari orang Ternate bernama gohu ikan. Kuliner yang satu ini dibuat dari bahan dasar berupa ikan tuna segar dimana cara pembuatannya yang pertama dengan Anda potong kecil ikan tuna kemudian lumuri dengan perasan lemon. Selanjutnya Anda campur dengan potongan kasar daun balakama atau kemangi. Jika semua bahan telah tercampur sempurna kemudian diamkan selama beberapa menit agar bumbunya meresap sempurna. Kemudian baru Anda buat bumbu tumisnya. Cara membuat bumbu tumisnya dengan cara Anda potong cabai rawit dan bawang merah kemudian tumis dengan sedikit minyak kelapa selanjutnya tuangkan diatas potongan ikan tuna segar. Gohu ikan spesial siap Anda santap.

Anda yang sedang jalan – jalan di Maluku Utara, beberapa tempat wisata di Maluku Utara dan rekomendasi kuliner diatas perlu Anda coba. Dapatkan pengalaman wisata terbaik di Maluku Utara sekarang juga.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon